Senin, 28 Februari 2022

PERMINTAAN, PENAWARAN, PASAR, DAN PEMBENTUKAN HARGA

 

REVIEW MATERI

PERMINTAAN, PENAWARAN, PASAR, DAN PEMBENTUKAN HARGA



1.             PERMINTAAN.

Jumlah barang yang ingin dibeli oleh masyarakat tergantung dari kebutuhan masyarakat terhadap suatu barang. Jumlah barang yang ingin dibeli oleh masyarakat dengan berbagai tingkat harga tertentu disebut dengan Permintaan.  Kemampuan manusia untuk melakukan permintaan terhadap barang dan jasa sangatlah terbatas.

 

Keterbatasan manusia dalam melakukan permintaan dipengaruhi oleh faktor – faktor yang mempengaruhi permintaan, antara lain :

a.              Harga Barang.  

b.             Pendapatan Masyarakat.

c.              Selera Masyarakat.

d.             Kualitas Barang.

e.              Harga Barang lain.

f.              Jumlah Penduduk.

g.             Ramalan Masa Depan.  

 

Kurva Permintaan adalah grafik yang menggambarkan sifat hubungan antara jumlah permintaan barang atau jasa dengan harga dalam berbagai kondisi. Hubungan antara harga dengan jumlah barang yang diminta dapat kita lihat dalam suatu daftar dibawah ini dan selanjutnya kita buat dalam bentuk grafik.



 

2.             PENAWARAN

Untuk memenuhi kebutuhan akan permintaan barang dan jasa masyarakat diperlukan kesediaan produsen dalam memproduksi berbagai barang pada tingkat harga, yang disebut sebagai penawaran. Penawaran ini biasanya dilakukan oleh pedagang atau produsen sebagai penghasil barang. Produsen berusaha memproduksi berbagai jenis barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Semua barang dan jasa yang dihasilkan tersebut untuk kemudian diwarkan kepada konsumen. 

Tinggi rendahnya jumlah barang yang ditawarkan tergantung dari harga barang. Apabila harga barang naik maka jumlah barang yang ditawarkan cenderung bertambah dan sebaliknya apabila harga barang turun maka jumlah barang yang ditawarkan cenderung berkurang. dengan demikian kita menyimpulkan bahwa, Penawaran ialah kesediaan penjual untuk menjual berbagai barang pada berbagai tingkat harga dalam waktu tertentu. Definisi penawaran hanyalah mencerminkan hubungan antara jumlah barang yang ditawarkan dan tingkat harga.

 

Faktor – faktor yang mempengaruhi dalam menentukan penawaran, antara lain sebagai berikut :

a.              Biaya Produksi.

b.             Teknologi.

c.              Harapan Akan Mendapatkan Laba.  

d.             Faktor – Faktor Non Ekonomi.  

 

Bagaimana hubungan antara harga dengan jumlah barang yang ditawarkan ?. hubungan antara harga dengan penawaran dapat dilihat dari bunyi Hukum Penawaran

“JIka harga barang ditawarkan naik, maka jumlah barang yang ditawarkan pun akan bertambah dan sebaliknya, jika harga barang turun, maka jumlah barang yang ditawarkan pun berkurang”.

 

Antara harga dengan penawaran terdapat suatu hubungan lurus dimana harga berbanding lurus dengan penawaran.

Untuk lebih jelasnya coba lihat table berikut :

Dari table tersebut dapat dibuat suatu grafik yang disebut dengan kurva penawaran. Pengertian Kurva Penawaran adalah grafik yang menggambarkan sifat hubungan antara harga suatu barang dengan jumlah barang yang ditawarkan pada waktu tertentu dan tempat tertentu.



 

3.             PASAR


Kegiatan penjualan yang dilakukan pedagang biasanya di pasar. Kita dapat melihat pasar yang ada di lingkungan sekitar kita. Pasar tersebut bukan hanya untuk melakukan transaksi jual beli, akan tetapi beberapa orang ke pasar hanya untuk melihat – lihat atau sekedar mengetahui keadaan barang dan harga.

Pasar yang ada di sekitar kita, ada yang tradisional da nada juga yang modern. Perbedaan tersebut sebenarnya dapat kita lakukan dengan melihat kualitas barang dagangan, cara penataan barang, tempat dan harga barang. Kegiatan pasar dapat kita lihat hamper sepanjang hari. Pada dasarnya konsumen dapat memperoleh barang kebutuhannya di pasar. Dalam memenuhi kebutuhannya, manusia akan berupaya untuk memperoleh barang dan jasa. Barang dan jasa yang diperlukan tersebut sebagian besar disediakan oleh pasar. Kalau kita mencoba ke pasar, maka kita akan melihat hal – hal yang sangat penting dalam pasar. Kita akan melihat berbagai jenis barang dagangan, ada penjual dan pembeli da nada tawar – menawar dalam transaksi jual beli.  

Dalam pengertian yang paling sederhana, pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli. Pada era globalisasi saat ini, transaksi tidak hanya terjadi dipasar, akan tetapi dapat pula melakukan transaksi melalui sms atau jual beli online. Oleh karena itu pengertian pasar tidak terbatas pada tempat bertemunya penjual dan pembeli, melainkan adanya transaksi jual beli barang dan jasa yang disepakati oleh penjual dan pembeli. 

Dari uraian tersebut, jelas bahwa pengertian pasar secara luas merupakan sarana bertemunya penjual dan pembeli, baik secara langsung maupun tidak langsung untuk melakukan jual beli atau proses terjadinya interaksi antar penjual dan pembeli untuk mencapai kesepakatan harga dan jumlah barang atau jasa yang diperjualbelikan. 

Ada unsur penting yang harus dipenuhi dalam membentuk suatu pasar, antara lain ;

1.            Adanya barang yang diperjualbelikan walaupun hanya berupa sampel (Contoh).

2.            Adanya penjual dan pembeli, walau tidak bertemu langsung.

3.            Ada kesepakatan antara penjual dan pembeli.

4.            Adanya media komunikasi antara penjual dan pembeli.

 

Pasar memiliki Fungsi, antara lain :

a.      Fungsi Distribusi. 

Fungsi Distribusi pasar dimaksudkan untuk memperlancar distribusi barang dari produsen ke konsumen. Melalui transaksi jual beli produsen dapat memasarkan barangnya, baik secara langsung maupun melalui perantara. Melalui pasar inilah konsumen dapat memperoleh barang yang diinginkan secara mudah dan cepat. Lancarnya distribusi barang dan jasa menunjukkan berfungsinya pasar secara baik.

b.      Fungsi Pembentuk Harga. 

Fungsi pembentuk harga, pasar mewujudkan kesepakatan harga antara penjual dan pembeli. Transaksi penjual dan pembeli pada mulanya melakukan tawar – menawar dan akhirnya terjadi kesepakatan harga. Tawar – menawar ini dilakukan agar terjadi kesepakatan harga antara penjual dan pembeli.

Pembeli biasanya membeli barang dengan memperhitungkan manfaat atau kegunaan dari barang, sedangkan pedagang biasanya memperhitungkan laba yang diinginkan. Hal inilah yang menimbulkan perbedaan sehingga terjadi tawar – menawar harga. Tawar – menawar harga biasanya terjadi di pasar tradisional.

c.       Fungsi Promosi. 

Promosi artinya memperkenalkan hasil produksi kepada masyarakat, melalui fungsi ini pasar menjual barang sekaligus memperkenalkan hasil produksinya kepada masyarakat. Barang dagangan biasanya di pajang di tempat yang terlihat oleh konsumen. Dengan memajang barang hasil produksi tersebut diharapkan dapat menarik minat konsumen untuk membelinya.

Fungsi promosi ini sangat menentukan omzet penjualan apalagi ditunjang dengan kualitas barang bagus dan harga murah.

 

Pasar banyak macamnya dan pada dasarnya pasar dapat dibedakan menurut beberapa kriteria, antara lain : 

a.      Pasar Menurut Wujudnya.

1.      Pasar Konkrit. 

2.      Pasar Abstrak. 

b.      Pasar Menurut Jenis Barang yang Diperdagangkan.

1.      Pasar Barang Konsumsi. 

2.      Pasar Barang Produksi.

c.       Pasar Menurut Luas Jaringan Distribusi. 

1.      Pasar Setempat / Lokal. 

2.      Pasar Nasional. 

3.      Pasar Regional.

4.      Pasar Internasional.

d.      Pasar Menurut Waktu Penyelenggaraan. 

1.      Pasar Harian. 

2.      Pasar Mingguan. 

3.      Pasar Bulanan. 

4.      Pasar Tahunan.

e.       Pasar Menurut Organisasi / Strukturnya.

1.      Pasar Persaingan Sempurna. 

2.      Pasar Persaingan Tidak sempurna.

 

4.             HARGA


Harga ialah nilai tukar suatu barang yang dinyatakan dengan uang. Dalam ilmu ekonomi yang dimaksudkan dengan harga pasar ialah harga yang disepakati pihak penjual dan pembeli dan pada harga ini barang yang diminta sama dengan jumlah barang yang ditawarkan. Harga pasar dapat disebut juga sebagai harga kesimbangan karena pada harga tersebut ada keseimbangan antara jumlah barang yang ditawarkan dan jumlah barang yang diminta seimbang.

Terbentuknya harga pasar ini melalui proses tawar – menawar terlebih dahulu antara penjual dan pembeli. Harga pasar ini terjadi setelah adanya kesepakatan harga antara penjual dan pembeli.

 

Sumber materi:

·     Buku Ilmu Pengetahuan Sosial: Kemendikbud, 2017. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013 Edisi Revisi. Jakarta: Kemendikbud.

·         http://www.erwinedwar.com/2018/04/permintaan-penawaran-pasar-dan-harga.html

0 komentar:

Posting Komentar

:)